Sunday 2 April 2017

Entrepreneur Story - Jack Ma



Dari IPO terbesar dalam sejarah, pendiri Alibaba dan ketua Jack Ma sekarang orang terkaya di Cina. Ma sekarang mempunyai harta bernilai sekitar $ 25 miliar, yang mencakup saham 7,8% di Alibaba dan saham hampir 50% di layanan pemrosesan pembayaran Alipay.

Ma adalah cerita kain-ke-kekayaan sejati. Ia dibesarkan miskin di China komunis, gagal ujian masuk perguruan tinggi dua kali, dan ditolak dari puluhan pekerjaan, termasuk satu di KFC, sebelum menemukan sukses dengan perusahaan internet ketiganya, Alibaba.


Jack Ma (alias Ma Yun) lahir pada 15 Oktober 1964, di Hangzhou, terletak di bagian tenggara China. Dia memiliki kakak dan adik. Dia dan saudara-saudaranya tumbuh pada saat China komunis itu semakin terisolasi dari Barat, dan keluarganya tidak punya banyak uang ketika mereka masih muda.


Ma kurus dan sering masuk ke perkelahian dengan teman sekelas. “Aku tidak pernah takut lawan yang lebih besar daripada aku,” kenangnya di “Alibaba,” sebuah buku oleh Liu Shiying dan Martha Avery. Namun, Ma memiliki hobi seperti anak-anak lain. Dia menyukai mengumpulkan jangkrik dan membuat mereka berperang, dan mampu membedakan ukuran dan jenis kriket hanya dengan suara itu dibuat.


Setelah Presiden kemudian-AS Richard Nixon mengunjungi Hangzhou pada tahun 1972, kampung halaman Ma menjadi kiblat wisata. Sebagai seorang remaja, Ma mulai bangun pagi untuk mengunjungi hotel utama kota, menawarkan pengunjung wisata kota dalam pertukaran untuk pelajaran bahasa Inggris. Julukan “Jack” diberikan kepadanya oleh seorang turis temannya.


Tanpa uang atau koneksi, satu-satunya cara Ma bisa maju adalah melalui pendidikan. Setelah SMA, ia diterapkan untuk pergi ke perguruan tinggi - namun gagal ujian masuk dua kali. Setelah banyak belajar, dia akhirnya lulus pada percobaan ketiga, terjadi menghadiri Institute Hangzhou Guru. Dia lulus pada tahun 1988 dan mulai berlaku untuk pekerjaan sebanyak yang dia bisa.


Ia menerima lebih dari selusin penolakan - termasuk dari KFC - sebelum dipekerjakan sebagai guru bahasa Inggris. Ma adalah orang yang alami dengan murid-muridnya dan mencintai pekerjaannya - meskipun ia dibuat hanya $ 12 per bulan di sebuah universitas lokal.


Meskipun dua usaha pertama gagal, empat tahun kemudian ia mengumpulkan 17 dari teman-temannya di apartemennya dan meyakinkan mereka untuk berinvestasi di dalam Dia dan visinya untuk pasar online yang disebutnya “Alibaba.” Situs diperbolehkan eksportir untuk memasukkan daftar produk yang pelanggan bisa membeli langsung.

Segera, layanan mulai menarik anggota dari seluruh dunia. Pada bulan Oktober 1999, perusahaan telah mengumpulkan $ 5 juta dari Goldman Sachs dan $ 20 juta dari SoftBank, sebuah perusahaan telekomunikasi Jepang yang juga berinvestasi di perusahaan teknologi. Tim tetap erat dan suka berkelahi - “Kami akan membuat itu karena kita masih muda dan kami tidak pernah, tidak pernah menyerah,” kata Ma kepada sekelompok karyawan


Dia selalu mempertahankan rasa menyenangkan di Alibaba. Ketika perusahaan pertama kali menjadi menguntungkan, Ma memberi setiap karyawan kaleng dari Silly String untuk pergi liar dengan. Pada awal 2000-an, ketika perusahaan memutuskan untuk memulai Taobao, pesaing eBay-nya, ia memiliki tim yang bekerja di atasnya melakukan handstands saat istirahat untuk menjaga tingkat energi mereka ke atas.

Pada tahun 2005, Yahoo menginvestasikan $ 1 miliar di Alibaba dalam pertukaran untuk sekitar 40% saham di perusahaan. Ini adalah besar untuk Alibaba - pada saat itu mencoba untuk mengalahkan eBay di Cina - dan akhirnya akan menjadi kemenangan besar bagi Yahoo juga, jaringan itu ~ $ 10 miliar pada IPO Alibaba sendiri.


Karyawan Alibaba melemparkan pesta besar di markas Hangzhou perusahaan untuk merayakannya. Satu karyawan bahkan mengambil partai sebagai kesempatan yang sempurna untuk mengusulkan. Ma mengatakan kepada karyawan pada konferensi pers bahwa ia berharap mereka menggunakan kekayaan baru mereka untuk menjadi “batch orang benar-benar mulia, batch orang yang mampu membantu orang lain, dan yang baik dan bahagia.”

IPO mungkin telah membuat Ma seorang yang sangat kaya, tapi dia tidak membuat pembelian mencolok (belum), dan dia masih memiliki beberapa hobi yang cukup sederhana. “Saya tidak berpikir dia telah banyak berubah, ia masih bahwa gaya lama,” Xiao-Ping Chen, seorang teman Ma, mengatakan kepada USA Today. Ia suka membaca fiksi dan menulis kung fu, bermain poker, bermeditasi, dan berlatih tai chi. Dia bahkan telah bekerja sama dengan Jet Li untuk menyebarkan kesadaran tai chi, dan dia membawa seorang pelatih bersama dengan dia ketika ia melakukan perjalanan.

Ma mengembangkan minat dalam environmentalisme ketika seorang anggota keluarga istrinya menjadi sakit dengan penyakit yang diduga ma disebabkan oleh polusi. Dia duduk di dewan global The Nature Conservancy, dan berbicara selama sesi dari Clinton Global Initiative September ini. Dia juga berperan dalam mendanai sebuah cagar alam 27.000-acre di Cina.

Ma sebagian besar terus hidup keluarganya dari sorotan. Ia menikah dengan Zhang Ying, seorang guru yang dia bertemu di sekolah, setelah mereka lulus di tahun 80-an ‘. “[Dia] bukanlah pria tampan, tapi aku jatuh untuknya karena dia bisa melakukan banyak hal pria tampan tidak bisa lakukan,” mengatakan Zhang. Mereka memiliki dua anak - anak perempuan dan seorang putra yang merupakan undergrad di UC Berkeley. Ma juga telah diaudit kelas sejarah di anaknya kuliah.

Dia memiliki beberapa splurges, namun. Pada Maret 2013, Alibaba menghabiskan dilaporkan $ 49,7 juta untuk Gulfstream G550, sebagian besar untuk penggunaan Ma. Ma adalah sesuatu dari selebriti di Cina, dan kerumunan orang muncul untuk mendengarkan dia berbicara.


Perusahaan ini juga menjadi tuan rumah acara bakat tahunan, dan Ma adalah seorang penghibur alami. Pada acara ulang tahun perusahaan, ia berpakaian sebagai rocker punk untuk kinerja di depan 20.000 karyawan Alibaba.

Perusahaan pengetahuan mengatakan bahwa Ma datang dengan nama “Alibaba” sambil duduk di warung kopi San Francisco. Dalam “Ali Baba dan Empat Puluh Pencuri,” password rahasia membuka harta yang penuh dengan kekayaan yang luar biasa. Perusahaan Ma telah, dengan cara, mengungkapkan potensi usaha kecil dan menengah di seluruh dunia.

Quotes dari Jack Ma
  • Hari ini kejam. Besok lebih kejam lagi. Tapi esok lusa, hari akan indah. Kebanyakan orang mati saat 'besok petang', dan tak mendapat kesempatan melihat matahari terbit.
  • Jika kamu tidak menyerah, kamu masih punya kesempatan. Dan, jika kamu kecil, kamu harus sangat fokus dan mengandalkan otakmu, bukan kekuatanmu.
  • Jika kita adalah satu tim yang baik dan tahu apa yang ingin kita lakukan, satu orang saja dari kita bisa mengalahkan sepuluh kompetitor kita.
  • Jika kita pergi bekerja pukul delapan pagi dan pulang pukul lima sore, kita bukan perusahaan teknologi, dan Alibaba tidak akan pernah sukses. Jika kita memiliki semangat 8-5 itu, kita sebaiknya melakukan hal yang lain.
  • Saya benar-benar berharap tak melihat para pegawai saya bertingkah seperti orang kaya baru. Dengan mentalitas seperti itu, kekayaan mereka tidak akan awet.
  • Jika ada sembilan kelinci di tanah, dan kamu ingin menangkap satu, fokus pada satu saja.

Semoga Artikel Ini Bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html